aku, dhuha, dan teman-teman

aku, dhuha, dan teman-teman

Assalamu’alaikum kawan-kawanku? apa kabarnya niih? dah lama ya aku ga nyapa kalian semua.. ezzzeee.. hehe… duh bulan desember ini dingin banget ya? bikin aku betah di kasur sambil nulis lagi di blog yang hampir jamuran. wah, jangan sampee… jangaaan…

emm.. kali ini aku ingin menceritakan tentang aku dan shalat dhuha, yap! sholat dhuha adalah salah satu shalat sunah yang dilakukan pada  pagi hari sebelum datangnya Sholat dhuhur, sekitar jam 7 sampai jam 10. Jumlah raka’at Sholat dhuha adalah dua raka’at sampai dua belas raka’at dan dikerjakan setiap dua raka’at satu salam. Kata mamahku, shalat dhuha itu bisa melapangkan rezeki. dan itu memang benar.


Rasulullah SAW bersabda:

“Allah berfirman :
“Wahai anak Adam, jangan sekali kali engkau malas melakukan sholat empat raka’at pada pagi hari, yaitu sholat dhuha, niscaya nanti akan Kucukupi kebutuhanmu hingga sore harinya.” ( H.R. al-Hakim dan at-Tabrani).

Aku masih ingat ketika aku masih menjadi murid di SMK Farmasi As-shifa. Hari itu hari jum’at dan aku lupa tanggal berapa, hehe.. ya.. aku ingat, karena pada hari itu ada pelajaran Ilmu Kesehatan Masyarakat yang diajarkan oleh Ibu Hilma. bagiku, pelajaran ini lebih ditekankan pada hafalan dan aku termasuk orang yang susah menghafal sesuai textbook. hihi. harus faham dulu, kalo udah faham, baru aku akan bakal ingat hal itu, terkadang aku menggunakan keywords tertentu agar dapat mengingatnya kembali. hehe.. cucus deh.. gapapa yaa..  Nah pas jum’at itu ada ulangan Ikm, akupun kebingungan sendiri : 

1. materinya bejibun
2. temen-temen yang menghafal di kelas tuh suaranya ampuun kayak pemandu sorak, soalnya kebanyakan murid di farmasi adalah para perempuan. hehe.. niat ngehapalpun sirna ditelan mereka, dan

3. pada malam sebelumnya akubelum memahami materinya, karena aku amat sangat dilanda kantuk. deeuh alesan, haha..

 
Kembali lagi ke ulangan Ikm, materi ulangannya tentang Rumah sakit, mulai dari tipe-tipe rumah sakit, ada tipe A, B, C, D .. dkk. aku di kelas hanya membaca rangkumannya di buku catatan, belajar bareng Restu, dengan waktu yang sesingkat-singkatnya, aku dan Restu berusaha membuat keywords sendiri biar cepet hapal, sambil ketawa-ketawa. duh kangen
Ulangan pun telah tiba, namun sistem ujian diganti menjadi ujian lisan dengan sistem “SIAPA CEPAT, DIA DAPAT”, wiiiih hatiku dag dig dug, takut ga bisa jawab, soalnya Bu Hilma suka kesel kalo kami ga bisa jawab pertanyaannya, berasa banget hari itu bakalan jonk! satu persatu murid menjawab pertanyaannya, aku dan Restu lebih sering menoleh ke kiri dan kanan, dengan kekhawatiran stadium lanjut.
siapa yang tahu contoh rumah sakit yang memiliki pelayanan spesialis klinik paru-paru?” tiba-tiba Bu Hilma bertanya demikian. suasana menjadi hening, tidak ada yang menjawab. 
yang tahu, ibu kasih nilai 80 langsung” ucap beliau 
wiiih.. nilai 80, susah banget kalo Ikm dapet segitu, duh apa ya?” ucapku dalam hati. aku pun ingat sesuatu. tiba-tiba aku mengangkat tangan kananku
RS Dr. Cipto Mangunkusumo” jawabku pasti, semuanya terdiam. aku merinding.
Muthia ya?” tanya beliau kepadaku, aku mengangguk pelan, beliau pun menuliskan angka 80 sebagai nilai ulanganku di buku nilainya.
smoothylov
foto : aku dan teman-teman XIF2,MISS YOU ALL! 
kemudian suasana berubah menjadi ramai, aku sumringah. setelah itu Restu pun menjawab pertanyaan ibu setelahku. YES!  #loh muth? apa hubungannya sama shalat dhuha?
baiklah, sebelum ujian dimulai, aku ingat kata-kata mamah “kalo bisa, nanti neng shalat dhuha, 2 rakaa’at juga cukup” , kemudian aku menyempatkan diri untuk sholat dhuha ketika istirhahat pertama. aku pun berdo’a kepada Allah agar selalu menjaga keluargaku dan senantiasa melapangkan rezeki untuk kami, terutama bapak dan mamah, selain itu aku pun berdo’a agar aku dapat memahami materi ulangan dan mendapatkan nilai yang baik agar mamah dan bapakku dapat tersenyum. pada malam sebelumnya, aku dan keluarga menonton berita dimana ada seorang balita yang dirujuk ke RS. Dr. Cipto Mangunkusumo karena penyakit paru-paru yang dideritanya. dan tanpa disadari, aku mendapatkan ilmu dari itu.
sesampainya di rumah, aku langsung mencium tangan kedua orang tuaku, menceritakan apa yang telah terjadi pada anak perempuannya ini, dan aku melihat senyuman yang membuat mereka semakin mengagumkan.
IMG-20121029-00996_2
foto : aku dan desi di kelas, berfoto sambil menunggu teman yang lainnya datang. hehe..
 
Dan sekarang, aku adalah seorang mahasiswi semester 3 di Stfi, sebuah kampus yang baik dan menyenangkan. kenikmatan lain yang ku dapat dari Allah Swt melalui shalat dhuha yaitu ketika hari selasa, dimana ada jadwal kuis pelajaran KFA 1 oleh Pak Adang , kuisnya tentang  pereaksi-pereaksi kimia yang harus dihapalkan, mulai dari formula, untuk identifikasi apa dan reaksinya pada senyawa-senyawa obat seperti pereksi Marquis yang terdiri dari campuran formaldehid dan asam sulfat pekat untuk megidentifikasi adanya alkaloida seperti menthapetamin atau sabu-sabu. dan hasil reaksinya dapat dilihat dengan adanya perubahan warna larutan menjadi merah kemudian menjadi coklat dan lama-lama menjadi hijau zaitun, dan proses persamaan reaksinya juga dituliskan.(read: http://catatankimia.com/catatan/shabu-shabu.html ).
Pada selasa pagi itu, aku amat sangat mengantuk karena aku tidur lewat dari jam 12 malam, tapi aku dibangunkan oleh alarmku sekitar jam 5 untuk shalat subuh, kepalaku sakit begitu pula badanku. Setelah shalat, aku memutuskan untuk tidur kembali karena kuliah KFA 1 di mulai jam 10.40 untuk kelas A. Aku tidak dapat tidur nyenyak sama sekali, bingung diantara tidur dan memahami sisa materi untuk kuis nanti. inilah galau yang sesungguhnya. sampai jam setengah 9 aku tetap begitu. ngantuk tetap ada dan fikiran tentang kuis apa lagi. akhirnya ku putuskan untuk merapikan kamar dan bersiap-siap untuk pergi ke kampus. kemudian aku shalat duha 2 raka’at dan mulai menghafalkan sisa materi itu. namun kembali, kepalaku sakit karena menahan kantuk yang benar-benar menyiksa. singkat cerita lagi, aku, Nia, dan Efi berangkat ke kampus, disaat teman-teman menghapalkan materi, aku hanya terdiam menahan sakit kepala itu, dan aku benar-benar hopeless. 
Namun ku rasakan kembali nikmat Allah Swt di hari itu. Kuis yang diagendakannya hari itu pun ditunda sampai akhir liburan natal dan tahun baru, jadi agenda hari itu hanya presentasi KFA tentang Identifikasi senyawa Amina dan Sulfa oleh Selvi, Ka Beren, Jawa,  Rora, Yolanda, Efi, dan Eka. setelah itu aku dan teman-teman pulang ke kosan dan tidur sebentar untuk menunggu pelajaran farmasi fisika oleh Pak Dolih Gozali. Alhamdulillah.
______________________________________________________________________________
531614_246188058832635_165263027_n
foto : aku bersama teman-teman Stfi 2011, (ga semuanya ikutan foto)  :( 
yaaa.. inilah yang terjadi antara aku, shalat dhuha, dan teman-teman. terimakasih sudah membaca ya kawan-kawan. CU next time. 

apapun yang terjadi mari bersyukur, salam semuth ^_<.

27 Desember 2012. semuanya akan lebih baik,
wassalamu’alaikum,

2 thoughts on “aku, dhuha, dan teman-teman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s